Saturday, November 1, 2008

tips memilih franchise

Tujuan utama dalam menjalankan bisnis adalah untuk mendapatkan laba. Hal inilah yang harus dipegang oleh para calon franchisee sebelum memilih franchise. Janji franchisor yang mengatakan bahwa bisnisnya dapat membukukan BEP dalam waktu singkat jangan langsung dipercaya begitu saja, karena diperlukan survey mendalam untuk dapat memutuskan franchise mana yang memiliki prospek yang bagus. Sampai saat ini franchise telah banyak memberikan keuntungan kepada franchisee-nya sehingga kecurigaan yeng berlebihan kepada franchisor pun tidak dibenarkan, yang penting adalah franchisee wajib melakukan penelitian mengenai franchise yang diinginkannya secara mendalam sebelum memutuskan untuk membeli franchise tersebut.

Lalu apa saja yang harus dilakukan oleh calon franchisee untuk dapat mengetahui propek franchise yang akan dibelinya?

  • Pertama, lihatlah bisnis yang sudah berjalan, apakah sukses atau tidak. Sukses atau tidaknya suatu bisnis secara detail dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut, atau secara kasat mata dapat dilihat dari jumlah pelanggan dan jumlah franchise yang sudah lebih dulu berjalan.
  • Kedua, lihatlah apa yang menjadi daya tarik dari bisnis tersebut. Apakah kelebihan bisnis tersebut yang dapat menarik pengunjung labih banyak dibandingkan dengan bisnis sejenis. Hal ini penting karena dalam memasarkan sebuah barang atau jasa, differensiasi atau keunikan menjadi hal utama dalam menarik minat pengunjung.
  • Ketiga, telitilah apakah perusahaan tersebut sudah memiliki sebuah sistem dan prosedur standar dalam menjalankan bisnisnya. Sistem ini harus sudah teruji mampu mengatasi masalah yang mungkin terjadi dilapangan. Selain itu program promosi yang dilakukan oleh franchisor harus diketahui oleh franchisee, karena promosi ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis.
  • Keempat, cari tahu sudah berapa banyak franchisee yang menjalankan franchise tersebut, dan jika memungkinkan carilah informasi dari para franchisee itu mengenai bisnis yang sudah berjalan, dukungan dari franchisor dalam mengatasi masalah dan prospek kedepan mengenai bisnis tersebut.
  • Kelima, cari tahu mengenai franchise lain yang bergerak di bidang usaha yang sama, apa saja kelebihan dan kekurangan franchise tersebut dibandingkan franchise yang sedang kita bidik, untuk mendapatkan pandangan yang lebih objektif dalam menentukan pilihan. Siapa tahu ada franchise lain yang memiliki prospek lebih baik.



No comments: